Jakarta Smart City Meraih Penghargaan dari WeGO

    296

    Dunia Akui Inovasi Jakarta Smart City

    Jakarta kembali membuktikan diri sebagai kota yang kaya akan inovasi. Terbukti, DKI Jakarta meraih penghargaan dari World e-Governments Organization of Cities and Local Governments (WeGO) Smart Sustainable City Awards untuk kategori Open City.

    Anugerah yang diberikan pada akhir Mei silam ini begitu istimewa karena menempatkan Jakarta sebagai “Kota Terbuka” terbaik kedua setelah Edmonton Kanada. Sebuah pengakuan bahwa Jakarta telah menempati ranking tinggi untuk aspek transparansi administrasi dan penerapan open data dalam pemerintahan.

    Aplikasi Mobile untuk Memudahkan Akses Informasi

    Para panelis ajang bergengsi bagi kota-kota terbaik dunia ini mengakui portal Jakarta Smart City (JSC) mampu menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan warga. Bahkan beberapa fitur yang bisa diakses melalui smartcity.jakarta.go.id tersedia secara real time. Data paling populer diakses di JSC adalah CCTV online yang menampilkan kondisi terkini di ribuan titik dari seluruh penjuru Jakarta.

    Kelebihan portal Jakarta Smart City antara lain adalah kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi. Selain melalui browser di komputer, akses ke pusat layanan kota pintar ini didukung aplikasi smartphone pada platform android maupun iOS.

    Tercatat 70% pengakses Jakarta Smart City menggunakan aplikasi melalui perangkat smartphone. Karena itulah, tim JSC terus melakukan inovasi pada layanan aplikasi mobile ini. Salah satunya dengan mengembangkan sistem agar informasi yang diberikan bisa lebih personal. JSC akan menyajikan data sesuai kebutuhan pengguna berdasarkan waktu dan tempat tertentu.

    JSC Menuju Smart Sustainable City Best Practices Journal

    Inovasi yang terus diberikan kepada masyarakat inilah yang mengantarkan JSC meraih medali perak Open City WeGO. Penghargaan ini disematkan dalam Gala International 4th WeGO General Assembly di Ulyanovsk, Rusia pada 23-30 Juni lalu. Aplikasi JSC ini juga berhak ikut serta dalam WeGO Smart Sustainable City Best Practices Journal 2017.

    Ajang yang mulai diberikan pada 2011 ini menjadi pengakuan bergengsi atas kemampuan pemerintah kota terkait penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, penerapan e-government, serta inovasi smart city. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi administratif dan meningkatkan akses pada layanan publik.

    Jakarta Telah Diakui Dunia Sebagai Smart City

    Penerapan teknologi informasi untuk efisiensi administratif dan layanan publik di Jakarta sebelumnya telah diakui Innovation Labs World 2016. JSC menerima penghargaan GovInsider Innovation Awards 2016 untuk kategori Best Team Under 35 sebagai tim yang mayoritas berisi pegawai muda yang mampu meningkatkan pelayanan pemerintah.

    Di dalam negeri sendiri, JSC menjadi tolok ukur kemajuan kota. Portal Jakarta Smart City dan aplikasi Qlue meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia untuk kategori Kota Yang Terbuka Untuk Kota Yang Lebih Cerdas.