Siapakah ‘Pemilik’ Trotoar?

    408
    Travel image created by Jcomp - Freepik.com

    Beberapa waktu yang lalu, berbagai sumber di media sosial kembali ramai memberitakan kejadian dimana trotoar yang sejatinya diperuntukkan untuk pejalan kaki, digunakan untuk pemotor.

    Berita ini menjadi viral melalui berbagai media sosial, di mana saat itu ada sekelompok orang yang menamakan dirinya Koalisi Pejalan Kaki sedang mengadakan aksi berjalan kaki di trotoar Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka membawa atribut berupa poster-poster yang berisikan imbauan untuk tidak berkendara di trotoar, dan saat menjalankan aksi tersebut bertemu dan mencegat pengguna motor yang melaju di trotoar. Pada video yang beredar terlihat pemandangan di mana pengguna motor memarahi para peserta aksi berjalan kaki tersebut.

    Kejadian ini terjadi bukan hanya di Jakarta, berita yang sama juga beredar dan viral di tahun 2016 lalu di mana ada bocah bernama Daffa di Semarang dengan menggunakan sepedanya juga menghalangi para pengguna motor di trotoar. Dan mungkin banyak lagi kejadian di sekitar kita berkaitan dengan hal ini.

    Pertanyaan mendasarnya adalah, siapakah ‘pemilik’ trotoar ini? Apakah tujuan dibuatnya trotoar ini?

    Merujuk kepada Pasal 131 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan: Pejalan Kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain. Tertulis dengan jelas siapakah yang berhak untuk menggunakan fasilitas trotoar ini, tetapi kenapa masih dan sering terlihat kejadian seperti di awal tulisan ini?

    Untuk mau berubah menjadi lebih tertib, tentunya harus sama-sama sadar bahwa sesama pengguna jalan sudah diberikan akses dan jenis infrastruktur yang berbeda, ada jalur trotoar, jembatan penyeberangan, jalur lambat, jalur cepat dan lainnya, semua untuk ketertiban, kenyamanan dan keamanan bersama. Apa jadinya jika besok saat kita sedang mengendarai kendaraan dan mendapati ada pejalan kaki menggunakan jalan bukan trotoar? Yuk, mari tertib!

    -FL