Mari Merdeka!

    247
    Bendera Republik Indonesia

    Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan negara kita Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus ini, saya berkomitmen untuk merdeka.

    Lho, kita kan sudah merdeka selama 72 tahun? Apa memang masih merasa belum merdeka?  Merdeka dalam konteks bebas dari penjajahan fisik tentunya sudah, walaupun saya berada di era yang berbeda sehingga tidak mengalami secara langsung masa-masa penjajahan fisik tersebut.

    Tetapi saya tetap belum merasa merdeka di pikiran; Saya masih merasa kesal kalau saat berada di jalan melihat orang yang tidak berperilaku dengan benar dalam menggunakan fasilitas jalan. Saya masih merasa kesal melihat budaya antri yang sering tidak terjadi. Saya masih merasa kesal melihat orang yang merokok tanpa punya kesadaran bahwa udara ini adalah milik bersama. Saya masih merasa kesal, bahwa masih banyak orang yang malas membaca dan memilih untuk percaya begitu saja berita-berita yang ada. Saya masih merasa kesal dengan mereka yang tidak memiliki inisiatif dan cenderung pasif. Saya masih merasa kesal terlebih karena saya belum merdeka secara pikiran!

    Oleh sebab itu, saya berkomitmen untuk merdeka dan memulai kemerdakaan itu dari diri sendiri. Saya sadar bahwa efek perubahan itu tidak bisa terjadi dalam sekejap dan mungkin saja tidak pernah terjadi, karena sangat tidak mudah untuk merubah hal-hal mendasar dari orang lain yang tidak atau belum menyadari sebuah prinsip; Akan tetapi kita dapat memulainya, dan memerdekakan pikiran kita. Dan bila kita sudah mulai melakukan perubahan tersebut, maka kita akan terus dapat melihat hal-hal lain di sekeliling kita dimana kita dapat turut berpartisipasi untuk mengubah atau memperbaikinya lebih baik lagi.

    Jadi saat kita berada di dalam sebuah situasi yang tidak sesuai dengan prinsip, alih-alih harus merasa kesal lebih baik kita bergeming dengan prinsip, mungkin saja mereka yang berada di sekeliling kita juga sedang belajar untuk dapat merdeka. Mari kita tegakkan kepala dan tunjukkan bagaimana kita dapat menjadi inspirasi bagi yang lain, dan lebih bijak untuk tidak mengharapkan sebuah perubahan selain hanya dari diri kita sendiri.

    Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72. Dirgahayu Negeriku tercinta! Terima kasih untuk para pejuang yang telah dan terus berjuang demi keutuhan Negeri kita ini.

    Mari Merdeka!

    -FL