Mencari Sibuk

    270
    Ilustrasi. Sumber gambar: Google

    Seringkali saat kita melakukan sebuah pekerjaan atau menghadapi sesuatu yang mengharuskan kita untuk fokus, secara tidak sadar kita membangun sebuah dinding pemisah virtual di sekeliling kita. Dinding ini membuat indera kita menjadi fokus hanya ke hal yang kita kerjakan, dan cenderung tumpul atau mengabaikan apa yang terjadi di sekitar kita. Pasti kita pernah mengalami atau mengkondisikan diri kita sepert ini.

    Rasanya tidak ada yang salah dengan ini, di masa sekarang yang penuh dengan “distraction” entah karena notifikasi dari smartphone yang penuh dengan pesan penting, email sampai ke media sosial, kemampuan untuk dapat memfokuskan diri dan terbebas dari gangguan yang tidak perlu justru sangat dibutuhkan, kalau istilahnya adalah bebas dari “Digital Diversions“.

    Apakah kesibukan seperti ini juga terjadi dan diperlukan di luar lingkup pekerjaan? Dan apakah kesibukan seperti ini merupakan bagian dari strategi kita untuk fokus? Atau jangan-jangan bagian dari ketidakmampuan kita untuk melakukan “prioritizing” (membuat/mengatur prioritas)? Bahkan perpindahan dari fokus yang sebenarnya ke kegagalan membuat prioritas, juga bisa jadi tidak kita sadari, karena pikiran kita hanya dapat melakukan fokus mendalam bukan untuk waktu yang tidak terbatas.

    Jadi bagaimana cara terbaik untuk benar-benar dapat fokus di dalam misalnya menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan kemampuan kita yang terbatas? Dari yang saya baca (buku: Deep Work: Rules for Success in a Distracted World), kita perlu melakukan beberapa hal: latihan konsentrasi, jaga waktu, dan jangan lupa untuk “recharge”.

    Jadi, saat kita berada dalam mode “sibuk”, sebenarnya hanya sebagian dari waktu tersebut yang merupakan waktu yang benar-benar dapat kita gunakan untuk fokus. Rasanya ungkapan berikut ini memiliki korelasi dengan tulisan di atas: “Nobody is too busy, it’s just a matter of priorities

    -FL

    Bagikan
    Artikel SebelumnyaAntrian di depan Lift
    Artikel BerikutnyaMari Merdeka!